Reses Asih Sunjoto, Warga Gilingan Minta Normalisasi Drainase

Asih Sunjoto saat menjalankan Serap Aspirasi

Solo - Banjir yang melanda kawasan Solo Utara pada Rabu (22/4) malam lalu menjadi evaluasi Pemerintah Kota (Pemkot) Solo mengenai penataan dan pemeliharaan drainase. Pasalnya, drainase yang telah dibangun tidak diimbangi dengan pemeliharaan dan perawatan berkala dan mengakibatkan penumpukan sedimentasi di saluran tersebut.

Hal tersebut dikemukakan salah seorang warga Kampung Gilingan, Banjarsari saat mengikuti kegiatan reses anggota DPRD Solo dari Fraksi Partai Keadilan Sejahtera (FPKS), Asih Sunjoto Putro, akhir pekan ini.

Warga masyaraka RW 19 Kelurahan Gilingan mengeluhkan masalah banjir yang belum dapat diatasi di Jalan Tentara Pelajar. Ketua RT 03/RW 19 Gilingan, Nurkholis Majid mengatakan, setiap hujan deras sering terjadi genangan diruas jalan tersebut. Hal itu tak hanya terjadi pada hujan deras rabu lalu, tetapi sudah berlangsung selama 15 tahun terakhir.

Dia menambahkan, kejadian tersebut bisa diantisipasi jika pemkot mau memperhatikan pemeliharaan drainase yang sudah ada. Sebab, pemkot telah membangun saluran dari selatan memotong jalan Tentara Pelajar menuju utara untuk membuang air.

"Tapi karena drainase di sebelah utara jalan banyak sedimentasi, jadi air tidak bisa mengalir dengan lancar. Kalau hujan deras pasti meluber dan menggenang ke jalan," katanya.

Menyikapi hal tersebut, Asih Sunjoto berjanji akan segera berkoordinasi dengan Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Solo. Sekaligus memastikan anggaran untuk pos normalisasi drainase dan keduk walet. Asih menambahkan, sebagai kota yang dikelilingi sungai di empat penjuru mestinya pemkot melakukan pengecekan berkala terhadap sistem drainase.

Legislator PKS ini mengatakan, hal itu untuk mengantisipasi terjadinya banjir ketika curah hujan tinggi, sehingga air bisa mengalir lancar dan dibuang ke sungai-sungai.

"Segera kami komunikasikan dengan DPU apakah ada anggarannya atau tidak. Kami minta tahun depan masalah itu tidak terjadi lagi," pungkas Asih, dilansir Jawapos Radar Solo, Minggu (26/4). (AR)

Share this article :
 
Copyright © 2013. Asih Sunjoto Putro, S.Si - All Rights Reserved
Adapted from Mas Template | Powered by Blogger