Ada Anak Bertanya Pada Bapaknya, Apa Sih Enaknya Jadi Anggota DPRD?

Anggota DPRD Solo Asih Sunjoto Putro bersama anak-anak TK Baiturrahman

Solo - Memperingati hari Kartini, Taman Kanak-kanak (TK) Baiturrahman, Karangasem, Laweyan, melakukan kunjungan ke DPRD Solo, pada hari Selasa (21/4) lalu. Acara kunjungan tersebut diikuti oleh 100-an anak yang berpakaian adat khas jawa dan disambut oleh Sekretaris Komisi IV DPRD Solo, Asih Sunjoto Putro.


Dalam kesempatan itu, beberapa anak TK turut menyampaikan beberapa pertanyaan. Seperti Leza, dia menanyakan arti dari DPRD. Sementara temannya Aural menanyakan bagaimana menjadi anggota DPRD. Lain halnya dengan Annisa, dia penasaran bagaimana enaknya menjadi anggota dewan.

"Apa sih enaknya jadi anggota DPRD?" tanyanya.

Menanggapi pertanyaan-pertanyaan itu, Asih menjelaskan satu persatu pertanyaan anak-anak itu. Dia pun menyampaikan mengenai fungsi dan peran DPRD sebagai mitra kerja Pemerintah Kota (Pemkot). Dia pun turut mencontohkan dengan contoh yang mudah dipahami anak-anak.

"Ada fungsi anggaran, tugasnya seperti mengatur uang jajan adik-adik. Berapa untuk jajan di sekolah dan di rumah," jelasnya.

Legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini juga menjelaskan bagaimana alur menjadi anggota dewan. Dari menjadi anggota partai, menjadi calon legislatif, mengikuti pemilihan umum sampai menang dan terpilih menjadi anggota DPRD.

Asih menambahkan, menjadi anggota DPRD sangat mengasyikan. Dia mengatakan anggota DPRD bisa menjadi wakil dari masyarakat untuk menyampaikan keluhannya ke pemkot. Selain itu, anggota DPRD bisa membantu orang lain dan banyak memiliki teman.

"Asyiknya, bisa bertemu dan memiliki banyak teman. Salah satunya adalah bertemu dengan adik-adik yang menyenangkan ini," pungkasnya. (AR)

Sumber : http://pks-solo.or.id
Share this article :
 
Copyright © 2013. Asih Sunjoto Putro, S.Si - All Rights Reserved
Adapted from Mas Template | Powered by Blogger