Legislator DPRD Solo Ajak Siswa Giat Membaca Berita Kinerja Anggota Dewan


Solo - Kalangan legislator DPRD Solo mengajak kalangan pelajar untuk giat membaca perkembangan dan kinerja anggota dewan di media massa. Hal tersebut menyusul salah satu pertanyaan Anita, siswa SMP Muhammadiyah 7 Surakarta saat melakukan kunjungan ke DPRD Solo di Gedung Paripurna DPRD, Kamis (19/3). Diikuti oleh 60an siswa dan guru SMP 7 Muhammadiyah, mereka diterima oleh Wakil Ketua DPRD Solo, Abdul Ghofar Ismail, Sekretaris Komisi IV, Asih Sunjoto Putro dan jajaran anggota Komisi IV DPRD Solo.

"Kinerja anggota dewan bisa dilihat di website resmi DPRD Solo, media cetak, radio, TV dan lain-lain. Adik-adik sering-seringlah membaca dan melihat berita yang mensosialisasikan kinerja DPRD," kata Sekretaris Komisi IV DPRD Solo, Asih Sunjoto Putro.

Sementara itu, siswa SMP 7 Muhammadiyah lainnya Marini mempertanyakan mengenai permasalahan dan kendala anggota dewan saat menjalankan tugasnya dan cara mengatasinya.

Atas hal itu tersebut, Asih Sunjoto mengatakan permasalahan dalam pekerjaan sebagai anggota dewan lebih sering berupa perbedaan pendapat dan persepsi. Dia menambahkan semua permasalahan biasanya dikomunikasikan ke provinsi maupun kementrian terkait.

"DPRD merupakan mitra Walikota yang berada di bawah provinsi dan Kementerian. Ketika ada permasalahan misalnya dalam pembahasan Rancangan Peraturan Daerah (raperda) ataupun APBD, DPRD melakukan konsultasi ke Provinsi dan Kementerian supaya produk hukum tidak bermasalah secara regulasi," ujar legislator Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Senada dengan itu, Wakil Ketua DPRD Solo, Abdul Ghofar Ismail membenarkan seringnya permasalahan-permasalahan tersebut. Bahkan menurutnya rapat kadang sampai diskors untuk adanya lobby-lobby.

"Dalam rapat-rapat pembahasan kadang mengalami jalan buntu, biasanya rapat diskors untuk adanya lobby-lobby," ungkap Ghofar.
Share this article :
 
Copyright © 2013. Asih Sunjoto Putro, S.Si - All Rights Reserved
Adapted from Mas Template | Powered by Blogger